Minggu, 04 Mei 2014

Manfaat Humor Dalam Kehidup Sehari-hari


Telah terbukti bahwa humor bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, mungkin dengan membaca cerita-cerita lucu untuk sejenak bisa melupakan masalah2 yang memusingkan dalam kehidupan seseorang.


Pada dasarnya  humor itu memang perlu, bahkan berdasarkan penelitian sejumlah ahli humor memiliki dampak positif bagi kesehatan psikis maupun fisik, antara lain mengurangi tingkat kecemasan individu, meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stress.

Suasana hati yang senang karena tertawa tentu berpengaruh besar terhadap kesehatan mental dan fisik, sehingga humor bisa kita manfaatkan sebagai alternatif terapi yang murah dan efektif. 

Penelitian para ahli menunjukkan bahwa humor bisa menyebabkan orang lebih banyak tertawa, terutama orang dewasa. 
Dalam sehari, orang dewasa hanya tertawa 15 kali, sedangkan anak kecil bisa sampai 300 kali. Bisa dipahami, karena anak-anak memandang dunianya sebagai tempat bermain , tidak seserius orang dewasa. Sense of humor anak-anak lebih mudah tersentuh daripada orang dewasa. Melihat kupu-kupu terbang kesana kemari saja, anak-anak bisa tertawa, sedangkan orang dewasa membaca cerita humor pun belum tentu bisa tertawa. Padahal, para peneliti sudah membuktikan bahwa humor, tersenyum dan tertawa baik untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Dengan tertawa kita bisa menghilangkan stress dan mencegah sekitar 70 % penyakit. Ini membuktikan bahwa hati yang senang dan pikiran yang tenang akan menstimulasi kesehatan badan.

Setiap orang, memiliki sense of humor, yakni kemampuan untuk melihat segi kejenakaan dalam kehidupan, tetapi tidak semua orang mampu merasakanya secara optimal dan menunjukkannya secara ekspresif. Humor bisa menyebabkan kelucuan hingga membuat kita bisa tersenyum dan tertawa. Secara fisik dan psikis, tersenyum dan tertawa membuat kondisi kita rileks, senang dan segar.

Para ahli kedokteran meyakini bahwa pada saat tertawa sistim kekebalan tubuh dan system pada pembuluh darah jantung dan otot2 bekerja lebih sempurna.

Ada pendapat bahwa dengan tertawa lepas selama 10-20 menit seseorang akan terbebas dari rasa sakit selama beberapa jam berikutnya.


Humor juga efektif mendorong pemikiran jadi positif, karena suasana humor membuat perasaan kita senang, sehingga dapat bersikap lebih baik terhadap orang lain, berpikirpun menjadi lebih mudah sehingga tercipta ide-ide baru yang belum terbayangkan sebelumnya, dengan humor orang akan menjadi lebih giat dan kreatif dalam bekerja.
Selain itu humor bermanfaat dalam aktivitas kita sebagai makhluk social, sebab dengan kemampuan menciptakan humor kita akan lebih mudah berkomunikasi dalam membangun hubungan soaial.
Jadi marilah tertawa lepas (jangan kebablasan) agar sehat jiwa raga, dan lebih mantap dalam berkarya.

Semoga bermanfaat...
Sumber : la-segar.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar